Keistimewaan Letusan Merapi Tahun Ini

Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandriyo mengaku letusan Merapi tahun ini tergolong istimewa dibanding letusan tahun-tahun sebelumnya. "Ini di luar perkiraan kami. Letusan tahun ini memang sangat istimewa,” katanya.

Keistimewaan letusan kali ini, kata dia, salah satunya terletak pada semburan langsung dari pusat erupsi. Semburan ini belum pernah terjadi dalam sejarah letusan Merapi.

Inilah keistimewaan letusan tahun ini menurut kajian BPPTK.

1. Letusan tidak diawali kubah lava dan api diam seperti letusan Merapi di tahun 1994, 1997, 2001, dan 2006.

2. Awan panas tipikal Merapi adalah awan panas kuburan, bukan awan panas letusan.

3. Tipe awan panas Merapi berasal dari longsoran kubah yang terbentuk sebelumnya, lalu mengalir, dan kemudian runtuh. Jadi bukan ledakan, makanya disebut awan panas kuburan bukan awan panas letusan.

4. Semburan langsung dari pusat erupsi yang bergerak secara horizontal. Ini seperti disemprot dengan tekanan tinggi. Akibatnya rumah hancur, tiang listrik roboh, pohon tumbang.

Ini berbeda dengan letusan pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana letusan Gunung Merapi yang biasanya mengeluarkan awan panas, melongsorkan material kubah mengikuti alur sungai. Semburannya pun ke samping aliran awan panas dengan jumlah lebih dari 10 kali semburan.

5. Kecepatan semburannya cepat atau sekitar 300 kilometer per jam dengan rentang waktu yang sangat lama yakni 33 menit. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya hanya 7 menit.

sumber

0 Response to "Keistimewaan Letusan Merapi Tahun Ini"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme