Lava Merapi Mengalir ke Kali Gendol

Lokasi letusan Gunung Merapi

Gunung Merapi mengeluarkan letusan lava pijar dan awan panas. Awan panas atau wedhus gembel yang dimuntahkan tidak sedahsyat di awal. Lava pijar mulai mengalir ke sungai.

"Lava pijar mengalir ke arah Kali Gendol," Iman Surahman, aktivis Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010.

Lokasi Iman berada di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saat ini, warga sangat diharamkan untuk kembali ke kampungya. Karena kondisi masih berbahaya. "Tetapi lahar panas sulit dipantau karena saat ini cuacanya sangat mendung," kata dia.

Pagi ini, Cangkringan diliputi hujan abu vulkanik dingin di beberapa lokasi. Lokasi Cangkringan berada sekitar 4 kilometer dari Kinahrejo, kampung teratas Merapi yang dihuni mendiang juru kunci Mbah Maridjan.

Awan panas yang dikeluarkan hari ini tidak seberat dua hari lalu yang merenggut 30 orang tewas termasuk rekan kami Redaktur Senior VIVAnews.com, Yuniawan Wahyu Nugroho. Berat massa awan panas termasuk ringan sehingga tidak menghujam ke bawah melainkan menguap ke awan. "Kalau skalanya besar dengan awan panas, pasti akan turun. Ini tidak. Jadi tidak berbahaya," ujar dia.

Meski ada larangan bagi warga, tim evakuasi yang memiliki keahlian tinggi dan bersertifikatlah yang diizinkan ke atas. Mereka berupaya mencari korban-korban yang diduga masih tertimbun reruntuhan. "Orang-orang tertentu saja yang boleh jalan. Tidak sembarangan boleh masuk. Karena statusnya masih Awas belum turun," ujar Iman.

sumber

0 Response to "Lava Merapi Mengalir ke Kali Gendol"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme